Surface Pro, Bukan Tablet Murah

Diposting oleh Admin

    MICROSOFT membuka harga Surface Pro, tablet Windows 8 versi premium. Tablet ini akan dibandrol dengan harga 899 Dolar AS atau sekitar Rp 8,6 juta untuk kapasitas penyimpanan 64 GB. Tapi, baru dipasarkan Januari tahun depan.
    Sementara untuk kapasitas penyimpanan 128 GB, perangkat ini dijual dengan harga 999 Dolar atau pada kisaran Rp 9,6 juta. Harga yang ditawarkan hampir dua kali lipat dari versi Surface  dengan Windows RT yang dijual mulai dari 499 Dolar atau sekitar Rp 4,7 juta.
    Harga itu belum termasuk cover Touch and Type yang kompatibel dengan perangkat ini, dibandrol dengan harga 120 Dolar hingga 130 Dolar, agar perangkat dapat digunakan untuk mengetik layaknya laptop.  Adapun harga yang ditawarkan hampir dua kali lipat dari versi Surface  dengan Windows RT yang dijual mulai dari 499 Dolar atau sekitar Rp 4,7 juta.
    Berbeda dengan Surface RT yang menggunakan prosesor NVidia Tegra III, Surface Pro memiliki spesifikasi selevel dengan ultrabook, yaitu prosesor Intel Core i5 dengan memori RAM sebesar 4 GB. Tablet ini memiliki bentang layar 10,6 inci dengan resolusi 1.920 x 1080 piksel dan kepadatan piksel mencapai 208 ppi, lebih tinggi dibandingkan 148 ppi pada Surface RT.
    Sayangnya tablet Surface Pro memiliki daya baterai hanya setengah dari Surface RT. Hal ini disebutkan Microsoft dalam akun Twitter resminya karena Surface Pro memiliki prosesor yang lebih kuat dan resolusi layar yang lebih tinggi.
    Pada pengujian oleh situs teknologi The Verge, baterai Surface RT mampu bertahan selama 8 jam lebih sedikit, dengan penggunaan standar. Microsoft Surface merupakan perangkat Windows 8 yang diperkenalkan pertama kali pada Juni tahun ini. Ini adalah komputer pertama yang sepenuhnya didesain dan dipasarkan oleh Microsoft. Sepanjang sejarahnya, Microsoft lebih banyak bermain di perangkat lunak, selain konsol game Xbox.
    Sejak awal kemunculannya, publik masih belum mengetahui apapun mengenai produk tablet pertama dari Microsoft, yakni Surface. Bahkan, mengenai perusahaan yang berbasis di Redmond tersebut  belum mengungkapkan kisaran harganya.
    Tampaknya calon pembeli harus menyiapkan uang yang cukup banyak jika tertarik dengan produk tablet dari Microsoft tersebut. Pada sebuah wawancara dengan Seattle Times, CEO Microsoft, Steve Balmer mengisyaratkan tablet Surface tersebut bukanlah tablet yang murah. Balmer mengungkapkan kebanyakan orang tidak akan menganggap iPad sebagai barang yang super mahal. Dan, harga tentunya berbicara kualitas.
    Dia mengatakan, Surface akan memiliki kompetensi yang setara dengan iPad. Namun dia enggan kalau menyebut iPad sebagai pilihan murah dari Apple. Selain itu, dari perkataan Balmer, tampak dia kurang menyukai barang yang dijual murah. Sebagai contoh, dia menyebutkan Kindle Fire dijual 199 Dolar, kemungkinan besar tidak akan digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. (*)

---------------------------------------
Spesifikasi Microsoft Surface Pro:
- General Network: N/A
- Announced: 2012, 2Q
- Prosesor: CPU Intel Core i5
- SAR Rating    
- Layar: TFT capacitive touchscreen
- Ukuran layar: 10.60 inci, 1920 x 1080 pixels
- Memory Internal: 128 GB
- Baterai: Standard Battery - Li-on
- Audio: Format MP3
- Video: Format MP4/H.263
- Konektivitas: HSDPA, EDGE, Bluetooth, USB Port, WIFI/WLAN, kabel   data
- Data Modem    
- GPS    
- Platform: OS Windows 8
- Browser: HTML, Internet Explorer 10
--------------------------------------------
Sumber: tempo, beritateknologi
Foto: topnews.co.uk

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar