LG Nexus 4, Smartphone Bikin Galau

Diposting oleh Admin

    PONSEL cerdas LG Nexus 4 mungkin menjadi ponsel Android yang paling diburu sekarang ini. Setiap penjualan diklaim selalu habis, baik dari sisi Google atau LG. Hal ini tentu saja bikin penasaran. Seberapa bagus ponsel pintar ini.
    Seri Nexus memang selalu diburu para pengguna Android. Pasalnya, gadget ini memang menjadi 'anak emas' Google yang selalu mendapat kesempatan mencicipi teknologi terbaru Android. Nexus ini biasanya dibuat oleh beberapa produsen yang berbeda.
    Awalnya ponsel Android Nexus dibuat oleh HTC, kemudian berlanjut ke Samsung dengan Nexus S dan Galaxy Nexus. Tapi kini Google mempercayakan ponsel jagoannya itu dibuat oleh LG yang di dunia Android tidak setenar HTC atau sebesar Samsung.
    Bukan berarti produsen asal Korea Selatan ini tak mampu membuat produk mumpuni. Hal itu mulai dibuktikan dengan kemunculan LG Nexus 4 dengan spesifikasi serta harga yang menggiurkan.   Biasanya produk kelas atas dari suatu vendor akan dikemas dalam bentuk yang cukup mencolok. Entah warnanya yang nyentrik, bodi unik, atau hal-hal lain yang menggambarkan bahwa itu adalah ponsel premium. Tapi kesan tersebut rasanya tak terpancar di LG Nexus 4.
    Secara keseluruhan ponsel ini terlihat simpel dengan dominasi warna hitam. Di bagian belakang dibuat becorak hologram dengan tulisan Nexus dan LG.   Sedangkan bagian samping dan sekelilingnya dibuat dari sejenis bahan plastik yang tidak licin di tangan. Di atasnya diselipkan bezel berlapis chrome untuk mempermanis tampilan secara keseluruhan.
    Meski terkesan sederhana namun LG Nexus ini punya bodi yang tergolong baik. Kokoh dan solid ketika menggenggam ponsel berbasis unibody ini. Khusus di bagian belakang sudah dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass agar tahan gores.
    Saat digenggam, LG Nexus 4 ini juga terasa berbeda dari generasi sebelumnya, terasa lebih lebar dengan tepian layar juga terlihat semakin dipersempit. Jadi wajar saja jika resolusi layar Nexus 4 ini makin lebar dari seri sebelumnya.
    Dengan berat tak lebih dari 139 gram dan ketebalan 9,1 mm, LG Nexus 4 masih tergolong nyaman saat ditaruh di dalam saku celana. Pun demikian ketika dipakai dengan satu tangan ukuran seorang pria, hampir semua fiturnya bisa dipakai tanpa masalah.   LG Nexus 4 ditenagai chip Snapdragon S4 yang di dalamnya sudah terdapat prosesor 4 inti 1,5 GHz dan GPU Adreno 320. Ini adalah chip paling mutakhir Qualcomm.
    Chip tersebut sukses membuat ponsel ini melesat, tidak ada gejala lag sama sekali saat detikINET menggunakan ponsel ini untuk berbagai keperluan. Membuka browser hingga beberapa tab, bermain game kelas berat, semua bisa dilakukan dengan mudah dengan LG Nexus 4.
    Termasuk saat ponsel ini 'disiksa' dengan aplikasi benchmark, Nexus 4 berhasil memperoleh angka yang mengesankan. walau secara keseluruhan performanya masih di bawah ponsel berbasis Nvidia Tegra 3 seperti HTC One X.
    Di Quadrant, LG Nexus 4 berhasil memperoleh skor 3896, sementara HTC One X unggul dengan angka 5970. Kejadian serupa juga ditemukan saat pengujian CPU AnTuTu Benchmark dengan perolehan 6473, di sini One X tembus 7452.  Memory RAM 2 GB yang diusung LG Nexus 4 juga tak terlihat banyak membantu. Hal ini dilihat dari hasil benchmark yang berhasil disamai oleh HTC One X yang dengan RAM 1 GB. Untungnya sistem operasi Android 4.2 yang digunakan tidak rakus memori, sehingga mampu mendongkrak perfoma LG Nexus 4 secara keseluruhan.
    Meski demikian, GPU Adreno 320 yang diusung Nexus 4 memang patut diacungkan jempol dengan performa rata-rata lebih baik di kelasnya, hampir skornya nyaris dua kali lipat dibanding GPU ULP GeForce besutan Nvidia. Hal ini yang secara umum membuat LG Nexus 4 unggul di AnTuTu Benchmark ketika melawan HTC One X.  Saat GPU LG Nexus 4 dipacu dengan NenaMark 2 hasilnya juga cukup memuaskan dengan rata-rata 59,4 FPS. Sebagai catatan, di sini HTC One X hanya sanggup meraih 54,4 FPS.
    Salah satu hal paling menarik yang ditawarkan Nexus 4 adalah, Android terbaru Jelly Bean 4.2. Memang, sejauh ini sistem operasi tersebut adalah yang terbaik dibanding versi robot hijau lainnya.  Perbedaan yang ditawarkan versi terbaru ini memang tidak terlalu signifikan dibanding Jelly Bean sebelumnya, di update terbaru ini pengguna sudah dapat melakukan kustomisasi di bagian lock screen.
    Ya, dari menu lock screen pengguna bisa langsung mengakses aplikasi kamera. Dan di sisi lain menu ini, pengguna juga dapat mengakses beberapa aplikasi lain dengan lebih cepat.  Android 4.2 juga memberikan akses mudah ke menu setting. Fitur ini diletakkan sama dengan notifikasi, pengguna hanya perlu menggeser layar ke bahwa maka akan ditemukan beberapa opsi seperti di bawah ini.
    Namun yang paling menarik adalah kehadiran Photo Sphere, dengan ini kamera Android bisa menangkap gambar hingga 360 derajat. Ketika dicoba fitur ini memang betul-betul memesona.  Tapi apa cuma itu saja perubahan yang dibawa Android 4.2? Tidak, masih ada beberapa fitur lain yang disempurnakan seperti Google Now, kemampuan swipe keyboard, sistem keamanan yang lebih baik, dan beberapa hal lainnya.
    Soal layar boleh jadi display LG Nexus 4 ini punya teknologi yang cukup mentereng. True HD IPS, 4,7 inch 768 x 1280 pixel dengan kepadatan mencapai 318 ppi. Sedikit lebih baik dan lebih lebar dari ponsel Nexus sebelumnya.
    Spesifikasi itu tergolong mewah memang, namun ternyata kualitasnya sedikit di bawah rata-rata, terlebih lagi jika dibandingkan dengan saudara dekatnya LG Optimus G.   Layar LG Nexus 4 ini cenderung blueish atau agak kebiru-biruan jika dibandingkan jenis layar Super AMOLED atau S-LCD. Jadi beberapa objek akan terlihat kurang natural. Backlit layar ponsel ini juga kurang bertaji ketika dipakai di bawah sinar matahari. Agak sulit melihat tulisan, walau tingkat brightness sudah di set ke kondisi maksimal.
    Namun soal responsif jangan ditanya. Sensor pada LG Nexus 4 ini sangat cepat merespons setiap sentuhan, begitu juga soal daya tahan anti goresnya yang patut diacungkan dua jempol. Tak tergores walau tersentuh dengan benda keras yang tajam.
    Kamera mungkin salah satu fitur yang paling sering dipakai pengguna smartphone, dan mungkin ini juga menjadi salah satu pertimbangan saat para konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk.  LG Nexus 4 dilengkapi dengan kamera 8 MP dengan resolusi maksimal mencapai 3264 x 2448 pixel untuk foto, dan 1080p untuk mengambil merekam video. Hal ini sudah cukup mumpuni jika kualitas yang dihasilkan bagus.
    Namun yang paling mengasyikan adalah kehadiran Photo Sphere, fitur ini memungkinkan pengguna LG Nexus 4 mengambil gambar hingga sudut 360 derajat. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Fungsi ini terletak di sebelah opsi panorama, di sudut kanan layar saat aplikasi foto terbuka.
    Saat diaktifkan, pengguna akan diminta untuk menentukan titik pertama pengambilan gambar melalui sebuah lingkaran. Untuk selanjutnya tinggal terserah pengguna, ingin mengambil gambar ke atas, ke bawah, atau ke samping.  Setiap gambar yang terekam akan disatukan secara otomatis dan lama proses rendering gambar tersebut bervariasi, tergantung jumlah foto yang diambil.  Ketika sudah selasai, sim salabim, gambar sudah disatukan dengan tepian yang nyaris sempurna. Boleh dibilang ini adalah salah satu fitur yang mengagumkan di LG Nexus 4.
    Soal suara juga tak jauh berbeda. Meski output stero terdengar jelas saat menggunakan headphone, namun ada beberapa detail yang hilang saat mendengarkan musik jenis Jazz, HipHop atau Akustik. Sebaliknya, musik dengan dominasi suara rendah terlepas dengan sempurna beserta dentuman yang keras.
    LG Nexus 4, memang hadir dengan berbagai fitur menarik namun tetap dibanderol dengan harga yang cukup masuk akal. Terutama keberadaan Android 4.2, sistem operasi ini menawarkan begitu banyak kelebihan dibanding seluruh versi sebelumnya. Makin ringan, responsif, hingga fitur yang sepertinya tidak cukup disebutkan satu per satu.  Dilihat dari berbagai keunggulannya itu, LG Nexus 4 yang dibanderol Rp 5,5 juta memang terbukti menjadi salah satu smartphone Android yang bikin galau. (*)

 Spesifikasi LG Nexus 4:
- Sistem operasi: Android 4.2
- Chipset: Snapdragon S4
- Prosesor: Quad-core 1,5 GHz Krait
- GPU: Adreno 320
- Memori: RAM 2 GB/ ROM 16 GB
- Layar: True HD IPS, 4,7" 768 x 1280 pixel (318 ppi)
- Kamera: Depan 1,3 MP, Belakang 8 MP
- Baterai: Li-Po 2100 mAh
- Harga: Rp 5,5 juta

Sumber: detikcom
Foto: lg.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar