Atasi Kerusakan Pada Kartu Memori

Diposting oleh Admin


    KARTU memori menjadi elemen penting dalam penggunaan ponsel, baik high end atau low end. Seperti jenis microSD yang kini banyak digunakan. Terlebih pada ponsel lokal, peran kartu memori amat vital untuk menjalankan beragam aplikasi. Kapasitas memori internal ponsel lokal sangat minim.
    Lanta,s bagaimana jika kartu memori hang, padahal di situ tersimpan banyak file, seperti lagu dan foto-foto. Kartu memori yang hang ada banyak sebabnya, umumnya masalah sering dijumpai pada pengguna yang sering melepas dan memasukan kartu memori, biasanya untuk tujuan mentransfer/copy data. Tapi bisa juga masalah ditimbulkan karena pengaruh medan magnet dan panas.   
    Kerusakan pada kartu memori sering juga disebut memory corrupt. Ini terjadi karena rusaknya sistem file, dan bukan terjadi kerusakan pada kartu memori secara fisik. Indaksi dari memory corrupt yakni konten yang tidak dapat terdeteksi atau tidak bisa dibuka.
    Bila mendapati masalah seperti diatas, langkah yang dapat diambil yakni dengan cara memformat kartu memori tersebut. Berikut langkah-langkah untuk melakukan format kartu memori secara tepat.

* Lepas kartu memori dari hape
    Sebenarnya di beberapa ponsel terdapat ‘tata krama’ untuk melepas (remove) kartu memori, dengan mengikuti petunjuk yang ada, maka program yang sedang berjalan di dalam ponsel tidak akan mengalami crash. Ponsel Symbian dan Android Gingerbread sudah dilengkapi tools untuk remove kartu memori, sedangkan pada BlackBerry dan Windows Mobile tidak dijumpai.

* Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksplorer)
    Misalnya pada drive (D,E,F,G,H   atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’.

*  Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan memilih  sistem format file FAT.

* Klik tombol ‘Format Now’ dan tunggu hingga selesai
    Jika muncul pesan ‘error’ kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command Line. (*)


Format lewat Command Line
1. Di PC, klik Start --> Run, dan ketik CMD.
Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.

2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT
(h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)

3. Tunggu hingga selesai.
    Jika masih muncul masalah pada kartu memori, silahkan gunakan memory card reader lain. Tetapi jika memang sudah tidak bisa diperbaiki kembali, terpaksa kartu memori tersebut harus ditukar dengan penjualnya, jika masih bergaransi. Perlu diingat, sebelum membeli kartu memori, perhatikan merek dan jaminan garansi yang diberikan.(*)


Sumber : Tabloid HandPhone

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar